Selasa, 30 April 2013

Membuat Anak Suka Matematika

oleh : Diana Wahyu Latri,S.T.

Matematika ...merupakan suatu mata pelajaran yang bagi anak – anak merupakan suatu pelajaran yang menjadi momok menakutkan. Tapi ada juga siswa yang menyenangi pelajaran ini karena mungkin merupakan suatu tantangan dan siswa yang menyukai pelajaran ini memperoleh kepuasan setelah berhasil memecahkan suatu soal. Bagi siswa yang tidak menyukai pelajaran ini mungkin mereka menganggap bahwa pelajaran matematika sulit, rumit dan membuat kepala pusing. Padahal untuk bisa lebih mudah memecahkan soal – soal pada awalnya anak harus menyukai pelajaran ini. Caranya bagaimana ?
1.      Melakukan pendekatan pada anak merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh. Sebagai guru selain menyampaikan materi sebaiknya kita juga mengetahui sisi lain dari anak didik kita.Kita dapat menanyakan kepada anak kesulitan apa yang dialami ketika belajar matematika. Setelah kita mengetahui kesulitan anak maka kita bisa mencari pemecahannya.
2.      Jika anak kesulitan dalam materi pelajaran maka kita bisa menggunakan tutor sebaya untuk membantu anak tersebut atau kita bisa memberikan jam pelajaran ekstra.
3.      Bila anak kesulitan belajar matematika karena ada masalah dalam keluarganya, sebaiknya kita melakukan pendekatan dengan keluarganya.
4.      Sebagai guru Matematika sebaiknya selalu memberikan pengertian kepada anak bahwa Matematika  bukan merupakan suatu pelajaran yang sulit. Asalkan anak mengerti dan memahami maka anak bisa memecahkannya.
5.      Apabila anak kesulitan dalam berhitung kita minta kepada anak untuk terus berlatih dan terus berlatih sampai bisa. Karena dengan banyak berlatih maka dengan sendirinya anak akan bisa memecahkan soal – soal terkait. Kita sampaikan kepada anak bahwa dia selalu menemukan masalah dalam kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan matematika. Misalnya dalam membangun rumah, jual beli, memasang ubin, membagi kue, dll. Jadi mau tidak mau anak harus bisa menerima matematika.  
6.      Dalam kegiatan belajar mengajar, supaya anak tidak jenuh kita bisa melakukan kegiatan belajar mengajar di luar kelas. Apalagi jika anak dapat melihat masalah secara nyata, anak pasti akan lebih mudah memahami pelajaran kita.
7.      Jangan lupa sebaiknya selalu memotivasi anak bahwa dia pasti bisa menguasai materi – materi dalam pelajaran matematika.
Demikian dari saya semoga bermanfaat.
                                                                                                Salam

                                                                                                Diana

0 komentar:

Posting Komentar