Selasa, 30 April 2013

artikel nuning


Karakteristik Beberapa Kelompok Mata Pelajaran dan Cara Mempelajarinya

1.      Ilmu Pasti (Matematika dan IPA)
a)      Matematika dan IPA termasuk pelajaran Ilmu Pasti, yang di dalamnya sarat dengan rumus-rumus dan lambing-lambang. Untuk dapat menguasainya, kuncinya adalah banyak latihan.
b)      Selain banyak latihan, bagian yang termasuk teori harus banyak dibaca juga. Apabila menemukan istilah-istilah dalam bahasa latin yang sulit dihafal, cobalah dibaca dengan suara nyaring sambil ditulis berulang-ulang sampai hafal.
c)      Belajar Matematika dan IPA harus sabar dan tekun, mulai dari yang mudah dahulu, terus bertahap sampai ke bagian yang sulit.
d)     Latihan terus jangan bosan. Jika merasa buntu tidak dapat memecahkan soal yang sulit, jangan cepat menyerah, cobalah tanya teman, orang tua, atau saudara, lalu mencoba mengerjakan sampai bisa.
Apa
2.      Hafalan (IPS)
a)      IPS yang terdiri dari sejarah, geografi, dan ekonomi termasuk pelajaran hafalan. Untuk dapat menguasai hal tersebut kuncinya, yaitu banyak membaca, baik buku pegangan dari sekolah, maupun dari sumber lain, serta selalu mengikuti perkembangan berita di televisi ataupun internet.
b)      Cara mempelajarinya dibaca terlebih dahulu secara keseluruhan, lalu bagian-bagian pokok diulang-ulang dengan pemahaman yang tinggi. Kemudian dibuat rangkuman.

3.      Bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Bahasa Jawa)
a)      Bahasa adalah sesuatu yang hidup. Jadi belajar bahasa harus hidup, artinya aktif menggunakan  bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari agar terampil berbicara, membaca, baik membaca dalam hati ataupun nyaring, menulis dan menyimak dengan menggunakan bahasa baku ataupun tidak baku serta harus komunikatif.
b)      Harus mempunyai alat pendukung, seperti kamus karena dapat membantu poses belajar serta harus terampil dalam menggunakannya.
c)      Belajar bahasa harus berani mengucapkan, berani berkomunikasi dengan suara lepas, tidak ditahan, atau tidak ragu-ragu. Salah, tidak perlu malu, lakukan berulang-ulang, lama kelamaan juga akan bisa membetulkan sendiri ucapannya lalu menjadi lancar.


d)     Belajar bahasa harus mengaktifkan 3 indera sekaligus, yaitu mulut, tangan, dan telinga, (membaca, mendengar, berbicara, dan menulis) serta dilatih terus menerus dan digunakan dalam aktivitas sehari-hari.


4.      Pembangun Watak (Pendidikan Agama, PKn, Penjaskes)
a)      Pada prinsipnya, mata pelajaran Pendidikan Agama, PKn, dan Penjaskes adalah termasuk mata pelajaran yang tujuannya untuk membentuk warga Negara Indonesia yang sehat dan berakhlak mulia karena ketiga mata pelajaran tersebut saling melengkapi.
b)      Untuk membentuk watak seseorang, perlu diterapkan proses pembiasaan. Caranya adalah materi harus dipahami dengan benar, lalu diterapkan dalam sikap perilaku dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari secara terus menerus.
c)      Kesalahan terbesar yang sering terjadi adalah materi pelajaran Pendidikan Agama dan PKn hanya dipelajari dan dihafal jika ulangan saja. Padahal Pendidikan Agama terutama PKn juga harus dibaca berulang-ulang karena juga perlu dihafal.

5.      Seni (Musik dan Tari)
a)      Seni adalah sesuatu yang indah. Belajar seni harus banyak melibatkan emosi, karena melalui seni tersebut seseorang harus dapat menghayati dan menikmatinya.
b)      Seni termasuk salah satu bakat. Seseorang yang memiliki bakat seni, akan sangat mudah belajar seni sedangkan orang yang tidak berbakat seni dapat juga dapat belajar seni namun harus melakukan latihan yang berulang-ulang.
c)      Belajar seni tidak boleh malu, harus berani megekspresikan rasa seni, baik vocal, gerak tubuh ataupu mimik muka.

6.      Keterampilan (Komputer)
a)      Tujuan belajar keterampilan adalah agar memiliki wawasan pengetahuan dasar tentang alat-alat dan cara menggunakan alat tersebut (computer) untuk kebutuhn sehari-hari.
b)      Agar terlatih dalam mengoperasikan computer, harus banyak dipraktekkan. Bukan  hanya praktek di sekolah (laboratrium computer)  tetapi juga di luar sekolah. Tetapi yang perlu diingat ialah tidak boleh sampai kecanduan bermain internet.
c)      Belajar computer bukan hanya mengoperasikan computer saja tapi juga belajar berhati-hati dan bertanggungjawab dalam menjaga dan merawat computer supaya tahan lama dan awet.


0 komentar:

Posting Komentar